Email Nortify

Sabtu, 27 Juli 2013

KKU DI JERUJU BESAR

Salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi adalah Pengabdian pada masyarakat, sebagai mahasiswa suatu perguruan tinggi pada strata satu ( S-1)  harus menjalani yang dinamakan KKU,atau PMKM atau KKN dan lain-lain  namanya yang kesemuanya itu merupakan praktek dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang terjun langsung mengabdikan dirinya kepada masyarakat dan merupakan salah satu sks dalam materi perkuliahan yg mesti di jalani mahasiswa.
Pada tahun 2013, mulai 22 Juli 2013 sampai dengan 22 September 2013  ada 2 KKU yang masuk dan mendaftarkan diri untuk dapat diterima melaksanakan KKU di Desa Jeruju Besar. Pemerintah Desa Jeruju Besar tidak pernah menolak akan niat baik mahasiswa atau pihak Universitas/perguruan tinggi untuk masuk ber KKU di Desa Jeruju Besar karena adanya Mahasiswa sebagai orang yang menguasai IPTEK akan membantu masyarakat memperluas pengetahuan dan wawasannya.
Kedua KKU tersebut di tahun 2013 semuanya berasal dari Universitas Muhammadiyah Pontianak dengan kelas berbeda yaitu kelas Reguler A dan B.
Dari masing-masing KKU tersebut membuat program kerja dan untuk Reguler A program kerjanya berlokasi di Dusun Karya Tani dan Reguler B di Dusun Karya Utama Desa Jeruju Besar.
Kedua KKU tersebut melaksanakan kegiatan berbuka bersama, pada tanggal 23 Juli 2013 oleh Reguler A  di Villa Parit Cik Minah Darat dan tanggal 27 Juli 2013 oleh Reguler B di Surau Al-Wathan Jeruju Darat.
Program kerja mereka antara lain :
1.  Membentuk Dasa Wisma PHBS di RT-RT,
2.  Bazar untuk bahan-bahan Kue Lebaran,
3.  Pendataan Usaha Ekonomi masyarakat,
4.  Penyuluhan cara aman menggunakan pestisida dan herbisida pada kelompok tani,
5.  Penyuluhan pentingnya mengatur usia pernikahan,
6,  Pengecatan Gapura Desa, dll.

Berikut foto-foto kegiatan Pembentukan Dasa Wisma PHBS sekaligus berbuka bersama bersama warga masyarakat :







Demikian liputan berita seputar KKU yang ada di Desa Jeruju Besar pada tahun 2013, semoga ada manfaatnya.

                                                                                                            ( by : Hamdani, ST)

0 komentar:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More