Email Nortify

Selasa, 16 Agustus 2011

HUT RI KE- 66 DAN HUT DESA JERUJU BESAR KE-149 TAHUN 2011





























Indonesia Merdeka Sejak tanggal 17 Agustus 1945, mulai terbebas dari Penjajahan dengan diproklamasikannya Kemerdekaan Republik Indonesia oleh Ir Soekarno dan Moh. Hatta, sehingga sejak itu hingga tahun 2011 ini telah menjalani 66 tahun Kemerdekaan. Lain halnya dengan Desa Jeruju Besar terbentuk menjadi suatu pemerintahan pada tanggal 17 Agustus 1862 yang dimulai kepemimpinan seorang Matoa, punggawa, kepala Kampung, dan Kepala Desa.
Maka Pada tahun 2011 ini pada hari dan tanggal yang sama sekaligus di Desa Jeruju Besar di peringati HUT RI ke 66 dan HUT Desa Jeruju Besar ke- 149.
Hal ini tentunya patut di Syukuri khususnya oleh Warga Desa Jeruju Besar, sehingga pada tanggal 17 Agustus selalu di peringati HUT RI yang di hadiri oleh Masyarakat yang berbondong-bondong untuk memperingatinya, dan mulai tahun 2011 ini merupakan awal di peringati hari Jadi Desa Jeruju Besar ke 149 atas prakarsa Sekdes Desa Jeruju Besar ( Hamdani, ST) bersama Kepala Desa ( H.Abdul Rahman ).
Dalam Acara HUT RI ke-66 dan HUT Desa Jeruju Besar tersebut dirangkai dengan pemberian Santuan kepada Warga Jeruju Besar yang Lansia dan Jompo oleh PKK Desa Jeruju Besar.
Mengapa di Sebut Desa Jeruju Besar ?...., pada tahun itu ada sejenis rumput yang berduri dari batang sampai kedaunnya bernama rumput JERUJU dengan hamparan yang sangat luas atau besar rumput tersebut menyebar di seluruh kawasan desa sehingga masayarakat yang ada waktu itu bersepakat menamai desa ini menjadi Desa Jeruju Besar (Dahulunya bernama kampung Jeruju Besar). Rumput Jeruju saat ini mulai sulit kelihatan kemungkinan mulai langkah sementara rumput ini juga memiliki buah sebesar 1/2 biji kurma yang bisa digunakan untuk obat bisul.
Untuk kelanjutan dari tulisan ini akan di tampilkan Silsilah Kepemimpinan yang memerintah Desa Jeruju Besar..........

2 komentar:

pokok jeruju.. dah susah nak carinye..
kalo memang bise ngobat bisol, berarti mesti di publish, agar bise menjadi ikon produk desa selain pisang, kelapa dan padi..

Sebenarnya kalau di usahakan tuk mencarinya masih ada, dan di lestarikan, namun pokol Jeruju ini terkadang orang gak suka karena durinya bisa membuat orang terluka sehingga dibiarkan punah. dibalik itu Pokok Jeruju ini sebelum adanya obat2an Medis digunakan untuk mengobati penyakit Bisul oleh orang2 jaman dahulu dan aman serta natural.
Nanti akan saya bublish agar bagi yg tidak tau yg mana itu pokok Jeruju sehingga tahu.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More