Email Nortify

Senin, 09 Januari 2012

GOTONG ROYONG BANTUAN MATERIAL IMBAL SWADAYA

Desa Jeruju Besar merupakan salah satu Desa yang ada di Kabupaten Kubu Raya yang jumlahnya 110 Desa, di Tahun 2011 Desa Jeruju Besar mendapatkan bantuan Imbal Swadaya dari Pemerintah Kabupaten Kubu Raya dari Dinas Cipta Karya yang saat ini Kepala Dinasnya dijabat oleh Safriadi.

Pada sekitar bulan Oktober 2011 berdasarkan permohonan dari Pemerintah Desa Jeruju Besar maka bliau terjun langsung meninjau lokasi yang akan diberikan bantuan material yaitu di Gang Juanda dan Gang Al Muhajirin Desa Jeruju Besar Kecamatan Sungai Kakap.
Gang Juanda sebelumnya merupakan Gang yang di akses oleh masyarakat Parit Syeh Muhammad sebagai jalan tembus menuju jalan Raya Primer Jeruju Besar selain Gang Bambu yang berada disebelahnya. Gang Juanda diberikan nama oleh masyarakat setempat yang mana sebelumnya tidak ada Gang namun oleh kedua orang yang memiliki tanah sepanjang Gang Juanda tersebut yaitu Jumeng dan Ambo' Daik menyerahkan tanahnya sepanjang yang akan dibikin Gang sehingga diberikanlah nama oleh masyarakat tersebut untuk mengenang kedua orang tersebut dengan Nama "JUANDA" yaitu gabungan nama antara JUmeng dan Ambo DAik.
Mula Mula Gang ini di kerjakan oleh gotong royong masyarakat Parit Syeh Muhammad menggali parit kemudian tanahnya untuk jalan, seperti kita lihat kondisinya di foto berikut :



Selanjutnya Gang Juanda semakin hari semakin ditingkatkan oleh masyarakat dengan berswadaya dan bergotong-royong membeli tanah merah dan Batu Kong sehingga kondisinya seperti yang kita lihat berikut ini, dimana masyarakat setempat silih berganti sesuai kesempatan disela-sela kesibukannya sehari-hari menyempatkan diri mengangkut tanah yang telah di dapat dari swadaya tersebut termasuk Sekdes Jeruju Besar yang tinggal di Gg Juanda ikut bekerja dengan warga bersama-sama mengangkut tanah.




Sekitar tahun 2008 Gang tersebut mendapatkan Anggaran dari APBD Kab. Kubu Raya yang saat itu diperjuangkan oleh salah satu DPRD Kubu Raya bernama H.Haries Sanjaya, SE sehingga Gang tersebut telah di Rabat Beton sepanjang 110 meter namun panjang gang 170 meter, dari Panjang yang terdanai tersebut masih kurang 60 meter yang belum mampu terdanai. Setelah sekitar 3 tahun maka pada akhir bulan Desember 2011 mendapatkan bantuan Imbal Swadaya dari Dinas Cipta Karya Kabupaten Kubu Raya.
Adapun Imbal Swadaya berupa bantuan Material Pasir 24 Dum Truck, Batu 3/5 10 Dum Truck, dan 150 Zak Semen. Bahan tersebut diperuntukkan untuk 2 Gang tersebut (Juanda dan Al Muhajirin).





Masyarakat sangat antusias menerima bantuan tersebut sehingga dengan kesepakatan langsung bergotong royong mengerjakan sambungan Rabat beton sepanjang 60 meter dalam waktu satu hari satu malam selesai dikerjakan di Gg. Juanda, yaitu pada pagi hari Jum'at 30 Desember sampai Jum'at malam hingga dini hari.
Masyarakat yang banyak membantu bergotong royong pada umumnya dari Parit Syeh Muhammad dan warga yang berada di Gang Juanda tersebut, diantara warga ada yang menyiapkan tenaga, menyiapkan sewa Molen beton, menyiapkan Konsumsi dan Kendaraan untuk antar jemput Molen. Maka dapat kita lihat dalam foto berikut betapa antusiasnya masyarakat bekerja dari Pagi-Siang-malam :











Hingga akhirnya Jalan Rabat beton tersebut sempurna dikerjakan, namun untuk Gang Al Muhajirin masih sedang dikerjakan pada saat redaksi ini saya terbitkan dan blm tampilkan gambarnya dan dilain waktu akan di kemukakan dalam blog ini selanjutnya....
Inilah Foto kondisi jalan Rabat Beton di Gang Juanda yang telah selesai dikerjakan secara bergotong royong oleh Masyarakat Desa Jeruju Besar khususnya Masyarakat Gg. Juanda dan parit Syeh Muhammad.


Sekian, Terima kasih telah membaca, silahkan berikan masukan berupa kritik dan Saran yang konstruktif...

0 komentar:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More