Email Nortify

Jumat, 10 Juni 2011

POTENSI PADI DI DESA JERUJU BESAR





Desa Jeruju Besar merupakan Desa Pertanian, mayoritas Penduduk berpenghasilan dari Pertanian diantaranya Padi dan Kelapa. 
Tanaman padi di jeruju Besar ada sekitar 246 hektar hanya sekitar 11% dari luas wilayah desa, namun demikian masih sangat berpotensi dan mampu menopang sumber pangan masyarakat setempat.
Dengan potensi padi tersebut, pemerintah memberikan perhatian yang baik kepada para petani sehingga dikucurkan bantuan berupa alat-alat pertanian seperti Power thresher, hand traktor, dll. sehingga hasil pertanian dapat meningkat yang berkisar 3-4 ton per hektarnya.
Petani padi juga telah membentuk kelompok yang terorganisir dalam GAPOKTAN di bawah kepemimpinan Jumani.
Tanaman padi sudah diolah 2 kali dalam setahun, sehingga ada musim tanam gadoh dan rentengan, dalam musim tanam hingga panen para petani di bimbing oleh seorang PPL Pertanian yg bernama ibu Ika, SP.
Dibawah penyuluhan dan bimbingan PPL para petani mendapatkan pengetahuan dan teknis berorganisasi di Gapoktan yang telah terbentuk sekitar tahun 2009 lalu. Tentunya hal ini semakin mempermudah Pemerintah memberikan bantuan dengan adanya wadah semacam ini, selain itu juga telah dibentuk LKD (Lembaga Keuangan Desa) guna membantu para petani yang mengalami kekurangan dana guna meningkatkan pendapatan ekonomi keluarga dengan membuat usaha lain seperti peternakan, dan perikanan.
Saat ini sudah berjalan cukup baik adalah memberikan bantuan perikanan khususnya jenis Ikan Lele dan sudah beberapa kali Panen, walaupun tidak semua petani yang dibantu tersebut mendapatkan hasil yang maksimal namun setidaknya sudah ada pengalaman baru untuk belajar memperbaiki kelemahan-kelemahan yang lalu agar pada pembibitan berikutnya bisa mendapatkan hasil sebaik dan semaksimal mungkin.
Selain itu dibawah naungan Gapoktan, dibentuk Warung SAPRODI guna mempermudah para petani mendapatkan segala jenis pupuk, herbisidan dan insektisida serta pakan ikan.
Warung SAPRODI ini dikelola oleh Junaidi yang menjabat sebagai Sekretaris di Gapoktan tersebut.
Semoga para petani khususnya di wilayah Desa Jeruju Besar ini dapat semakin menambah perekonomiannya sehingga petani tidak dalam kategori orang miskin tapi petani adalah orang yang kaya....Amien.
.

0 komentar:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More